Bingung Karena File Di Laptop Tiba-Tiba Hilang? Jangan Khawatir Ikuti Cara Di Bawah Ini

Bingung Karena File Di Laptop Tiba-Tiba Hilang? Jangan Khawatir Ikuti Cara Di Bawah Ini

Siapa yang sering kehilangan file ataupun data yang ada di laptop? Pasti anda juga sering mengalami hal ini. Tapi tak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak cara yang bisa digunakan dan didapat pengguna untuk lebih mudah memaksimalkan dan menggunakan media pilihan agar lebih cepat membuat data di laptop kembali. Banyak faktor yang membuat data tiba-tiba hilang. Selain karena kelalaian pengguna, beberapa hal seperti laptop yang tiba-tiba mati atau blank juga sangat penting. Ini berpengaruh sangat besar pada kualitas dan hasil yang akan didapat.

Tips Mudah Dapatkan Kembali File Yang Hilang

Namun, dengan beberapa tips dan cara mudah untuk mengembalikan file yang hilang tentunya tidak perlu panik untuk mendapat kembali file penting. Ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan dan dipakai untuk mendapat informasi yang tepat terkait bagaimana cara untuk mendapatkan file yang terhapus atau hilang dan bahkan rusak tak bisa digunakan oleh pengguna. Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk mendapat kembali file yang hilang atau tidak sengaja terhapus :

  1. Recycle bin

Cara pertama jika tak sengaja ada file yang terhapus di komputer ataupun laptop adalah dengan mencari recycle bin. Biasanya menu ini akan ada di halaman utama layar dan dekstop. Untuk mencari kemungkinan file terhapus maka lihat lah secara seksama apa saja data yang ada di dalamnya. Karena jumlah data yang ada di dalamnya cukup banyak maka perlu untuk mengakses dengan cara menggunakan menu pengubah untuk melihat dari yang paling baru dihapus. Sesuaikan dengan waktu kapan file ini hilang agar lebih mudah untuk diketahui dan didapat yang dibutuhkan. Jika tidak maka perhatikan lah satu persatu agar sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan recycle bin ini adalah pengguna masih bisa melihat secara langsung apa saja yang sudah dihapus. Jika hanya dihapus manual di laptop dan tidak dihapus kembali di recycle bin maka data tersebut masih akan tetap ada di sana.

  1. Restore previous file

Cara yang kedua yang dapat digunakan adalah melalui menu restore previous file. Caranya sangat mudah dan gampang digunakan baik untuk pemula ataupun yang sudah sering menggunakan gadget seperti ini. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih menu start di dekstop awal laptop yang digunakan pengguna. Dari menu start ini pilih klik kanan pada bagian folder tempat file tersebut terhapus ataupun hilang. Akan ada pilihan menu yang bisa dipilih dan digunakan. Setelah klik kanan gunakan menu restore previous version. Jika sudah memilih menu tersebut akan muncul beberapa file dalam beberapa versi. Tiap versi berbeda sesuai dengan waktu mereka melakukan penyimpanan. Cek satu persatu sampai bertemu dengan file manakah yang ingin digunakan kembali. Setelah itu pilih file yang sesuai dan pilih ok. Jika sudah masuk lah kembali ke folder tempat penyimpanan yang sebelumnya. Maka file tersebut akan ada di dalam penyimpanan tersebut.

  1. Histori file

Untuk memakai cara yang satu ini ada langkah penting yang harus diperhatikan oleh pengguna. Yaitu memastikan bahwa semua data telah di back up agar bisa kembali dilihat dan digunakan. Langkah untuk menggunakan file histori ini adalah memastikan windows yang ada di laptop adalah Windows 10. Dengan menggunakan windows tersebut maka akan bisa melakukan pengaksesan histori file. Langkah utama yang perlu untuk dilakukan adalah masuk ke menu setting. Dalam menu tersebut akan ada pilihan opsi update dan securiti. Gunakan opsi tambahan yaitu back up. Dalam opsi tersebut ada pilihan add a Drive. Opsi ini yang akan mengeluarkan daftar partisi hard Drive dari laptop yang mereka gunakan. Lalu klik bagian manakah yang ingin dipakai dan telah disimpan sebelumnya. Jika tidak ketemu dengan partisi yang diinginkan maka tinggal gunakan drive eksternal yang sudah dimiliki. Setelah itu pilih lah mana file yang diinginkan sehingga bisa digunakan kembali.

Menggunakan Software Tambahan Recuva

Cara mudah lainnya adalah dengan menggunakan recuva. Software satu ini memang sangat digemari karena bisa mengakses file apapun yang diberikan. Dengan menggunakan software ini cara yang dipakai adalah menginstal lebih dulu recuva yang ada di internet. Setelah itu ikuti langkah dan tahapan apa saja yang diperlukan untuk mengakses file yang diinginkan untuk di back up. Hal tersebut bisa dengan mudah diikuti melalui petunjuk akses yang akan didapat dari software ini. Dan apabila ingin mendapat akses ke dalam file yang sudah lama disimpan dan tidak ditemukan maka tinggal gunakan recuva ini untuk mendapat akses. Dengan begitu pengguna bisa mendapat banyak file yang sesuai dengan apa yang mereka perlukan. File penting akan lebih aman karena tidak hilang.


Leave a Reply

Your email address will not be published.